Pengalaman Beli Tiket Bus Online

tiket bus online

Sejak jaman kuliah di Yogyakarta sekitar 10 tahun yang lalu, saya sudah menjadi pelanggan setia salah satu agen penjualan tiket bus di dekat rumah saya yang berlokasi di Depok. Setelah kurang lebih 3 tahun bekerja di Jakarta dan selama itu pula tidak pernah lagi sempat menginjakkan kaki ke kota istimewa tersebut, saya mendadak mendapat undangan seorang partner in crime selama masa kuliah. Setelah sempat putus kontak beberapa tahun, saya sempat kaget mendapat telpon darinya yang entah dapat nomer saya darimana. Dari percakapan itu, saya tahu dia yang selalu bangga dengan slogan “I’m single and very happy” akhirnya akan melabuhkan diri ke seorang wanita di pernikahan yang segera akan digelar kurang lebih dalam waktu 2 minggu.

Saya senang bukan main. Selain karena dia menikah, saya bisa kembali bernostalgia dengan teman-teman lama yang juga akan hadir di pernikahannya. Tidak sabar bisa berkumpul dengan geng lama malam sebelum pernikahan di rumah ibu kos dulu. Memang agak aneh setelah ngumpul lagi malah ngumpul di rumah ibu kos.hehe.. Tapi memang itu asiknya. Ibu kos kami sudah jadi saksi kenakalan-kenakalan kami selama kuliah di Yogya, mungkin melihat kami sekali lagi tidak akan membuatnya pusing kepala. Tidak sabar ingin meledeknya yang akhirnya menikah karena itulah yang dia selalu kerjakan saat tahu saya akan menikah setelah lulus.

Langsung saja saya mengunjungi agen tiket langganan saya. Namun, apesnya…setelah bertahun-tahun tidak ke luar provinsi dan tidak menggunakan bus AKAP untuk jarak jauh, saya jadi tidak tahu kalau agen ini sudah pindah entah kemana. Atas saran istri, saya berencana membeli tiket di terminal Kampung Rambutan saja. Toh tidak terlalu jauh. Eh, baru beberapa hari sejak malam saya dan istri berunding akan membeli tiket dimana, terdengarlah kabar salah satu tetangga kami yang masih kuliah berkelahi dengan calo di terminal kampung rambutan. Sudah saya duga, istri jadi was was kalau saya pesan di terminal tersebut. Akhirnya, terpikirkan mengapa tidak beli tiket bus online di id.easybook.com saja?

Dan kami berdua browsing sana sini dan dapat website pemesanan tiket online. Ternyata mudah sekali ya. Persis seperti pesan tiket pesawat. Yang saya perlu lakukan adalah memilih tempat keberangkatan (Depok) dan tempat tujuan (Yogyakarta) sedangkan teman saya yang bareng saat itu, membeli tiket bus Jakarta Solo. Lalu saya pilih tanggal keberangkatan (17 September 2015). Tidak lupa saya isikan jumlah tiket yang dipesan (2 untuk saya dan istri). Jadi, yang saya perlukan hanya menekan tombol search, dan saya dapatkan beberapa armada bus yang menawarkan harga tiket yang berbeda-beda dengan beberapa di antaranya sedang PROMO.

Berhubung saya sudah terbiasa dengan bus NPM, akhirnya saya putuskan memesan tiket armada ini walaupun saat itu tidak ada diskon untuk armada bus ini. Tidak masalah, karena saya sudah suka dengan pelayanan bus ini. Saya memilih bus kelas Executive yang lumayan nyaman karena Super Executive (jaman saya kuliah belum ada) yang ingin saya cicipi sudah habis. Akhirnya saya hanya perlu mengakhiri pemesanan dengan melakukan pembayaran melalui transfer Bank (saat itu juga saya bayar menggunakan e-banking) dan melakukan konfirmasi pembayaran. Dan sayapun dikirimi electronic ticket untuk dibawa ke agen atau pool yang saya pilih. Intinya, selalu gunakan koneksi internet yang stabil atau koneksi wifi id gratis berkualitas.

Pengalaman ini lumayan berkesan untuk saya karena untuk pertama kalinya saya memesan tiket bus semudah memesan tiket pesawat. Walaupun pada akhirnya saya berangkat dari Kampung Rambutan. Paling tidak saya tidak perlu berurusan dengan calo-calo yang memaksa menawarkan harga tiket yang terlampau tinggi. Perjalananpun saya yakin aman dan nyaman dari awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *